Cara Meningkatkan Sinyal SCTV Mpeg2

semuanya tentu tau kalau signal  LOKAL SCTV  Indonesia  ini ada penurunan signal dari sebelumnya.
sebagian ilmu yang saya dapatkan dari pengalaman sehari hari , dgn cara sederhana  ini saya abadikan di sini, untuk semua , terutama buat pemula. langsung saja ke pokok pengaturan dish
1. untuk pemula usahakan memiliki KOMPAS ( alat penunjuk arah timur,barat , utara selatan).
2.posisikan tongkat dish menghadap  barat serta titik 0d  pada lnb.
3.pasang lnb dgn kedalaman pada bracket , umumnya 38. pada disc 6f  buatan sekarang  40%  saja yang
langsung cling untuk sctv sekitar  41-44 % saja.60% biasanya belum ada tanda2 signal tersebut nyangkut  di recever, sekarang kita lanjut ke no :4
4.Jika pemasangan standar belum ada penampakan , usahakan dulu  antenanaya  sudah ada pada posisi  yang  pas   contoh :   RCTI  : sudah diatas 40%.
5. kuatkan dulu  semua  baut  , tapi tangan sampai  membuat  benyok  pada besi pipa yang ada , ( maklum buatan sekarang)
6.buka baut tiang fokus , sambil liat-liat sinyal , coba putar atau naik turunkan tiang fokus , sampai  ada penampakan sinyal.
7. jika belum berhasil , buka baut tiang disc , geser  kekiri atau kekanan  sekitar 1/2 cm  dan atur lagi  sampai RCTI diatas 40%
8. ulangi  cara no:6  /  jika menemukan penambahan signal  tapi masih kurang , turunkan atau naikan LNB pada garis 34 atau 40.
9.jika menemui dish jaring yang banyak  melendung atau jaring tidak rata , sebaiknya di ratakan dulu dgn apa ja boleh  asak jgn sampai sobek / terlebih bingkai dish usahakan rata.
 sctv untuk dish jaring mulai 6 fid  dst......  sudah bisa lock sctv  tetapi harus benar benar tepat.
jika memang benar benar  sulit  panggil tekhnisinya saja ;    bilang saya nyerah  !!!

catatan :  jika  dish  buat tracking   , antara LNB dan ARAH TONGKAT  harus sejajar  jika tidak  anda tidak akan menemukan satelit lainya  atau tidak sempurna. utamakan sebelum anda  menyeting atau memasang disc , perhatikan dari 4 arah dish pastikan pemukaanya sejajar  ,   jk  ada yang belok  maka itu akan menjadi pekerjaan sedikit  serius   ( tidak jg kalo kebetulan heeee)
sekian sedikit sumbangan dari saya  semoga dapat membantu kawan-kawan pemula  di seluruh nusantara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar